Jumat, 03 Juni 2011

MENGURANGI KERONTOKAN PADA RAMBUT KEPALA

MENGURANGI  KERONTOKAN PADA RAMBUT KEPALA

Rambut merupakan mahkota yang paling berharga, banyak orang menyebut rambutmu mahkotamu, tetapi kadang rambut yang indah akan terhalang karena kerontokan rambut. Setiap rambut rontok, lebih dari 10% rambut rontok pada setiap waktunya dan dapat disebut rambut rontok abnormal dan mungkin memerlukan pengobatan atau perawatan khusus. Rambut rontok merupakan gangguan kesehatan yang terjadi ketika kesehatan organ tubuh yang berkaitan dalam keadaan tidak sehat baik itu folikel rambut maupun kulit kepala.
Masalah kesehatan yang satu ini bisa dialami oleh semua kalangan baik itu remaja, anak-anak maupun orang dewasa. Rambut rontok bisa saja membuat percaya diri kita hilang. Oleh karenanya jangan biarkan kerontokan rambut mengancam kepercayaan diri Anda. 
Rambut rontok bisa terjadi karena rambut kering salah satunya adalah berikut:
  •   Efek Samping obat
  •  Abnormal tingkat hormone
  •  Infeksi pada kulit kepala
  •  Alasan genetik
Masalah rambut karena kesalahan yang tidak diduga seperti pemakaian obat, kadar hormon abnormal atau infeksi kulit kepala,sebenarnya dapat diobati. Yang paling sulit dan masalah yang sudah umum yaitu menangani kebotakan.
Sebagai remaja apakah Anda cemas tentang kehilangan rambut dan percaya bahwa tidak ada yang dapat dilakukan tentang rambut yang menipis?  Jangan cemas ada cara yang dapat dilakukan untuk mencegah rambut rontok dan juga untuk menambah kesuburan rambut Anda. Yang paling penting untuk mencegah kerontokan rambut adalah cara yang benar untuk mencuci rambut. Adapun  perawatan rambut dimulai dengan: 
  • Pijat kulit kepala.
Terapkan langkah ini secara serius dan teratur untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan. Pijatan yang baik pada kulit kepala anda benar-benar memiliki keajaiban. Hal ini karna dapat merangsang folikel rambut Anda serta mensterilkan kelebihan minyak yang di hasilkan oleh kelenjar. Ini akan bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut Anda, juga mengakibatkan kulit kepala sehat. Ilmu kedokteran telah membuktikan fakta ini, kulit kepala yang sehat dalam setiap aspek berarti rambut lebih kuat dan sehat.
  • Mencuci rambut
Dalam rangka untuk mencegah kerontokan rambut atau untuk merawat rambut kusam atau rontok, para ilmuwan medis sangat menyarankan perawatan rambutyang tepat dan yang terpenting adalah cara yang benar untuk mencuci rambut Anda.
Langkah-langkah cara untuk mencuci rambut berikut:
1.      Memilih shampo yang sesuai dengan jenis rambut, serta kondisi
kulit kepala
Anda. Jika anda menderita kerontokan rambut parah, maka pilih model shampo yang khusus untuk kerontokan. Menggunakan sampo yang baik akan secara efektif membantu menghilangkan lapisan minyak yang diakumulasi dalam rambut.
2.      Jika cuaca dingin, Anda dapat menggunakan air hangat untuk mencuci rambut, namun pastikan juga setelah anda menggunakan air hangat, bilasan terakhir gunakan air dingin. Langkah ini penting, untuk menghindari rambut yang terkena suhu panas dapat mengakibatkan kerontokan.
Yang perlu diperhatikan dalam mencuci rambut, yaitu:
1.      Penghindaran penggunaan shampo dalam jumlah yang banyak.
2.      Saat mencuci rambut, ingat untuk tidak menggunakan kuku untuk menggaruk kulit kepala, gunakan jari-jari Anda untuk memijat lembut kulit kepala Anda saja.
3.      Pastikan bahwa Anda membilas semua sisa-sisa shampo yang ada di rambut dengan bersih agar tidak ada bahan kimia yang tersisa di kulit kepala, yang dapat menyebabkan sumbatan di pori-pori.
4.      Kondisioner sebaiknya di pergunakan hanya pada ujung rambut Anda dan
tidak pernah di kulit kepala.
5.      Titik penting lain yang harus diikuti adalah bahwa Anda tidak boleh
menggunakan pengering rambut pada rambut. Blow rambut/pengeringan sangat sering menyebabkan peningkatan jumlah rambut rontok dan suhu yang tinggi bisa membuat folikel rambut iritasi dan rusak. Sehingga mengganggu kesehatan rambut. Jika terlanjur
Anda bisa menggunakan vitamin rambut atau pelembab ketika menggunakan hairdryer.
Dalam menyisir rambut kita sering menganggap mudah, padahal terdapat cara menyisir rambut yang baik agar mengurangi kerusakan rambut. Beberapa cara simpel yang mungkin Anda sering abaikan dalam menyisir, yaitu:
1.    Sisirlah rambut dalam keadaan kering, karena ketika rambut kita basah atau lembab bisa membuat rambut Anda lebih mudah lepas dari akarnya.

2.    Gunakan sisir yang bergerigi jarang. Ini bertujuan supaya rambut yang di sisir lebih mudah diurai. Terutama bagi rambut yang panjang.

3.      Sisir rambut sebelum berkerudung atau memakai topi (penutup kepala). Kebiasaan menysiri rambut sangat baik selain membuat rambut Anda tetap terjaga rapih juga bisa melancarkan peredaran darah di kepala.

Perawatan rambut sangat bagus dilakukan setidaknya minimal 2 minggu sekali seperti creambath atau masker rambut. Selain itu konsumsi makanan yang mengandung protein seperti ikan, telur, yoghurt dan kacang. Zat besi, untuk pembuatan haemoglobin (hb)  yang berfungsi sebagai alat transportasi nutrisi ke seluruh tubuh seperti telur, sayuran hijau, dan gandum.
Jika Anda mengikuti teknik perawatan rambut di atas hasilnya dapat membantu kondisi rambut Anda secara bertahap akan membaik, mencegah rambut rontok lebih lanjut, menambah jumlah rambut Anda, rambut akan lebih bersinar, tidak kusam dan tidak cepat rusak. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar