Kamis, 02 Juni 2011

PESONA WAJAH BERSIH BERSERI

Artikel Kesehatan

PESONA WAJAH BERSIH BERSERI

Memiliki wajah bersih selain memperindah penampilan juga baik untuk kesehatan. Membersihkan wajah mungkin sesuatu yang kecil tetapi jika kita abaikan maka kecantikan kulit kita akan memudar. Bisa dikatakan, masalah perawatan wajah menjadi urusan nomor 1 bagi para wanita. Kecantikan kulit berawal dari perawatan kebersihannya. Jika kita membersihkan wajah secara benar maka kulit pun akan menjadi sehat.
Sudah menjadi rahasia umum bila seseorang memberi anggaran khusus dalam jumlah yang cukup besar agar mendapatkan kulit wajah yang bersih dan berseri. Bahkan rela mengeluarkan uang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah untuk membeli berbagai produk obat dan kosmetik demi mempercantik diri. Tidak peduli tanggal tua atau belum gajian, yang penting bisa memiliki wajah cantik seperti yang diinginkan.
Tapi tidak sedikit yang mengalami kekecewaan karena produk-produk kecantikan yang sudah dibeli dengan harga yang mahal, ternyata tidak memberikan hasil seperti yang diinginkan. Bahkan sebaliknya, wajah menjadi memerah dan timbul banyak jerawat, sehingga membuat kulit wajah menjadi rusak.
Hal yang paling penting adalah menjaga kulit tetap bersih, lembab dan terlindungi sepanjang hari. Membersihkan kulit setiap hari adalah langkah awal yang penting untuk menjaga keindahan kulit.
Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda dan penting untuk mengetahuinya, agar mempermudah memilih pelembab wajah dan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit. Terdapat 5 jenis kulit wajah yaitu normal, berminyak, kering, kombinasi, dan sensitif. Adapun cara untuk mengetahui jenis kulit dengan cara mudah sebagai berikut:
Ambil selembar tisu untuk mengangkat minyak, lalu perhatikan di mana minyak-minyak di wajah berkumpul. Lakukan sekitar beberapa jam setelah wajah dibersihkan, dalam suhu ruangan yang normal (tidak dingin, tidak panas). Tekan-tekan tisu tersebut di titik T-zone (hidung dan daerah dahi bagian atas alis mata), lalu perhatikan ciri dan jenis kulit anda:
1.      Kulit normal
Tidak ada banyak sisa minyak, atau ada sedikit sisa minyak dari wajah di titik T-zone. Jika kulit Anda normal, kulit wajah Anda akan terasa lembut dan kenyal di seluruh bagian wajah secara merata.
2.      Kulit kering:
Seperti kulit normal, tisu tak akan banyak mengandung minyak, namun akan ada kulit yang mengelupas, terasa kencang, dan kering.
3.      Kulit berminyak
Banyak sisa minyak di tisu atau kertas minyak yang Anda gunakan, namun minyak ini berasal dari seluruh bagian wajah, daerah T-zone, pipi, dagu, dan dahi. Mudah untuk mengenali kulit berminyak, karena biasanya jenis kulit ini memiliki pori-pori besar dan berjerawat.
4.      Kulit kombinasi
Kulit kombinasi berarti memiliki kulit berminyak dan kulit kering (bukan normal). Jika kertas minyak yang digunakan mendapati banyak minyak di daerah T, namun mendapati juga ada sisa kulit yang mengelupas atau kering dan kencang, maka kulit Anda termasuk jenis kulit kombinasi
5.      Kulit Sensitif
Kulit sensitif tidak akan banyak meninggalkan sisa minyak, tapi akan cenderung kering dan terasa kencang. Sering berwarna kemerahan, mengelupas, dan sering terasa gatal ketika digunakan produk perawatan kulit, juga rawan berjerawat.
Setelah mengetahui jenis kulit wajah, akan lebih mudah untuk merawat dan membeli produk perawatan yang paling tepat untuk digunakan. Namun perlu diingat, ini adalah teknik dasar untuk mengetahui jenis kulit. Jika masih belum yakin atau ingin lebih dalam merawat kulit wajah, temuilah dokter kulit wajah atau pakar kesehatan kulit untuk mendapatkan perawatan yang terbaik.
Setelah mengenali jenis kulit wajah, lalu mulai pada tahap membersihkan wajah dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit, sebagai berikut:
1.     Kulit normal maupun kombinasi sebaiknya gunakan toner karena akan menyegarkan kulit, menghilangkan kelebihan minyak sekaligus mengangkat kotoran penyumbat pori.
2.      Kulit yang kering sebaiknya gunakan pelembab yang mengandung pelembab agar kulit tidak terasa kering, kencang dan kenyal. Sebaiknya Anda gunakan pembersih bertektur susu atau cleansing milk karena memang sangat lembut untuk kulit Anda.
3.  Kulit berminyak sebaiknya gunakan pembersih yang mampu menghilangkan kelebihan minyak serta mengontrol aktivitas kerja kelenjar minyak (sebum), biasanya dalam bentuk gel. Untuk yang memiliki kulit berminyak, ada baiknya memilih toner yang mengandung AHA agar terasa lebih segar
4.  Kulit sensitif sebenarnya penggunaan toner tidaklah dianjurkan karena kandungan alkoholnya dapat menyebabkan kekeringan atau iritasi pada kulit. Sebaiknya Anda gunakan air mawar sebagai pengganti toner.

Ternyata tidak sulit membersihkan wajah. Namun kenyataannya rasa malas yang menyerang atau cara yang kurang efektif membuat wajah tidak bersih sempurna dan akhirnya timbul jerawat atau komedo. Tetapi, dengan meluangkan sedikit waktu, kita dapat membersihkan wajah dengan teratur dan hasilnya kulit wajah menjadi bersih berseri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar